Laman

Sabtu, 15 Mei 2010

Bulu Kucing Rontok


Bulu-bulu menempel di sofa dan baju sepertinya sudah merupakan hal yang biasa bagi pemilik kucing, tapi sekarang kok, bulu yang rontok sepertinya semakin banyak. Ada rasa ketakutan si kucing sedang sakit atau ketakutan bulu kucing tak setebal dan seindah dulu lagi.


Masalah kerontokan bulu merupakan masalah yang sering menyerang kucing, apalagi yang berbulu panjang. Mengatasi masalah ini gampang-gampang susah karena penyebabnya yang banyak.


Sebenarnya ada banyak penyebab bulu rontok pada kucing, seperti di bawah ini :


  • Rontok normal

Umumnya kucing mengalami kerontokan bulu setidaknya sekali setahun yang kemudian diikuti pertumbuhan bulu baru. Beberapa kucing mengalami kerontokan 2 atau beberapa kali setahun dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Kerontokan yang tidak terlalu banyak juga terjadi pada kucing betina secara periodik sesuai siklus reproduksi kucing.


  • Kekurangan nutrisi

Anak kucing memerlukan makanan dengan kandungan protein minimal 30 %, sedangkan kucing dewasa 25-30 %. Selain itu juga memerlukan berbagai vitamin dan nutrisi lain agar tetap sehat dan keadaan kulit dan bulu juga tetap optimal. Makanan kucing komersial yang relatif murah biasanya mempunyai kanduingan protein yang rendah dan tidak mengandung berbagai vitamin dan nutrisi tambahan yang diperlukan kucing. Solusinya ganti atau campur dengan makanan yang lengkap dan seimbang nutrisinya (balanced & complete nutrition). Vitamin yang berhubungan erat dengan perkembangan bulu adalah vitamin A dan E.


  • Kelebihan vitamin

Sepertihalnya kekurangan vitamin, kelebihan vitamin juga dapat menyebabkan bulu rontok dan kulit kering, berkerak dan mengelupas.


  • Suhu kandang/tempat tinggal terlalu panas

Fungsi kulit dan bulu adalah untuk melindungi badan dari berbagai pengaruh lingkungan dan penyakit. Kulit dan bulu juga berusaha mengatur suhu tubuh dalam batas tertentu. Pada tempat beriklim dingin bulu akan terangsang untuk tumbuh lebih tebal dan panjang karena berfungsi mencegah hilangnya panas dari tubuh. Sebaliknya kucing cenderung merontokkan bulunya sendiri bila lingkungan tempat tinggalnya terlalu panas. Tempatkanlah kucing ditempat yang sejuk, kering dan bersih dengan sirkulasi udara yang lancar.


  • Shampoo & Mandi

Shampoo yang tidak sesuai untuk kucing baik dari segi kandungan dan derajat keasaman (ph) dapat menyebabkan kerontokan. Beberapa shampoo yang banyak busanya mempunyai kandungan deterjen yang cukup tinggi yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan kerontokan. Frekuensi mandi yang terlalu sering dapat mempengaruhi kelembaban normal kulit & bulu kucing. Kelembaban yang berlebihan dapat menjadi tempat yang sesuai bagi berkembangnya jamur. Sebaliknya kelembaban yang rendah membuat kulit dan bulu kering dan rapuh. Pembilasan dan pengeringan yang sempurna juga dapat membuat kulit iritasi dan bulu rontok.


  • Kutu/Pinjal (flea)

Gigitan pinjal dapat menimbulkan kemerahan, bengkak dan radang ringan disekitar gigitan. Bila jumlahnya banyak, reaksi alergi dan radang pada kulit semakin meningkat, akibatnya akan mempertinggi resiko kerontokan bulu yang tumbuh di atas kulit tersebut



  • Tungau (mites)

Kebanyakan tungau hidup dengan menghisap cairan tubuh yang terdapat dikulit, sehingga akhirnya kulit mati dan kering akibat kekurangan cairan dan nutrisi. Tungau seperti demodex dan scabies sering menyerang kucing. Mahluk ini hidup dan tinggal di bawah kulit dalam lubang dan terowongan yang digalinya sendiri. Reaksi alergi dan radang yang muncul juga dapat memperparah kerusakan kulit dan bulu.


  • Jamur (mold)

Indonesia yang berada di daerah tropis dengan kelembaban tinggi merupakan daerah yang cocok bagi tumbuhnya berbagai jenis jamur. Bulu tebal dan panjang pada kucing juga menciptakan tempat yang cocok bagi tumbuhnya jamur. Salah satu penyakit kulit yang sering disebut Ringworm juga disebabkan oleh jamur. Selain menyerang kucing & anjing, penyakit ini juga dapat menyerang manusia dan menyebabkan gatal-gatal serta kemerahan pada kulit.


  • Gangguan hormon

Gangguan pada produksi beberapa hormon juga dapat mempengaruhi keadaan kulit dan bulu. Salah satu yang paling jelas adalah kebotakan yang bersifat simetris pada kedua sisi tubuh akibat gangguan pada hormon adrenal


  • Alergi

Alergi dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti gigitan kutu, makanan, vaksin dan obat-obatan, rumput atau tanaman lain, plastik, dll. Pemecahan masalah alergi relatif mudah yaitu dengan pemberian antihistamin dan menghindarkan kontak dengan bahan penyebab alergi, yang sulit adalah mencari dan mengidentifikasi bahan penyebab alerginya.


  • Obat-obatan

Obat-obatan anti kanker pada saat menjalani kemoterapi juga dapat menyebabkan bulu rontok. Suntikan beberapa jenis obat dapat menyebabkan kerontokan disekitar tempat suntikan. Bulu biasanya akan tumbuh kembali setelah efek obat habis.


  • Gangguan kekebalan

Kerontokan bulu juga terjadi pada beberapa penyakit gangguan kekebalan tubuh seperti autoimun.


21 komentar:

  1. saya baru memelihara seekor kucing persia. saya mau bertanya, mengapa bulu-bulu di sekitar mata kucing saya rontok? apa karena matanya yang berair, atau karena ada penyakit? bagaimana cara mengatasi masalah ini? saya khawatir dengan kucing saya. tolong bantu saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu seperti kucingku....tp ku beri obat mata cendo citrol bs sembuh dan tdk lg berair matanya.skrg mata kucing persiaku berkilau dan terlihat sehat....

      Hapus
    2. 2 bulan lalu juga anak kucing ku matanya berair dan bulu sekitar matanya rontok, tapi setiap pagi dan sore di lap memakai kapas basah (air hangat) untuk mengilangkan kotoran matanya lalu teteskan cendocitrol... sembuh 1-2 minggu kemudian

      Hapus
  2. kawan gw punya kucing dia bulunya rontok dan suka diem gak kayak dulu kenapa ya??biasanya dia tuh suka cakar dan gigit gw..kok skarang enggak

    BalasHapus
  3. kayanya itu lagi sakit mata..coba bawa ke dokter hewan aja..

    BalasHapus
  4. kalo rontok dia salah makan jg kali..jgn dikasih ikan asin..kalo dia diem biasanya lg sakit..atau dia lg bete...hehe

    BalasHapus
  5. ia aqu jugak teman kucing aqu semakin lama semakin bayak bulu ea yg rontok, udah gitu ngeong ea maceng kucing kampung kata orang tua saya minta kawin ,apa ea aqu masih gak ercaya dah tu dia lemes aja di kandang di ajak main pun cuman ngelindingi bola bis tu tiduran lagi cemana ni teman ngatasi ea

    BalasHapus
  6. beberapa ari yang lalu saya beli kucing persia kira-kira 3 buln usianya, yang jadi pertanyaan saya kenapa bulunya rontok pa lagi kalo di usap-usap bulunya pada nempel di tangan

    BalasHapus
  7. ada kcing dteng krmh, kykny blasteran antr kucing biasa sma persia, tp buluny rontok. gmna solusinya ?

    BalasHapus
  8. aku punya kucing anggora 2 cewek ma cowok yg cewek punya bulu banyak tapi gampang rontok klo yg cowok bulunya gk sebanyak yg cowok tp sm gampang rontok trus apalagi waktu d elus caray gimna biar gk rontok???

    BalasHapus
  9. berbagi informasi: 8 PENYAKIT UMUM IRITASI KULIT PADA KUCING http://kutudanjamur.blogspot.com/2012/03/8-penyakit-umum-iritasi-kulit-pada.html
    Jamu KNJ: tuntaskan iritasi kulit pada kucing dan anjing dengan bahan alami, aman dan baik bila terjilat. Antitick Spray: obat semprot pembasmi kutu anjing dan kucing. FB/twitter: kutudanjamur. PinBB: 2751F9DF.

    BalasHapus
  10. Kucing aku jg bulunya gampang rontok nih. Sama mama sampe mau dibuang. Cara ngatasinnya gimana sih?

    BalasHapus
  11. Kucingku baru lahir umurnya sekitar 2 bln .. Bulunya rontok smpe agak botak . Knp yaa ? Harus d kasih apa ?

    BalasHapus
  12. Kucingku baru lahir umurnya sekitar 2 bln .. Bulunya rontok smpe agak botak . Knp yaa ? Harus d kasih apa ?

    BalasHapus
  13. mw tanya dong, kucing angora ku umur 2 bln pnya pnyakit kulit di bwh ketiak kaki na, bntuk na kya bintik2 kcil dan kasar, kira2 apa tu ya? apa krn alergi makanan dr daging ayam atau apa ya? mohon penjelasan na
    maksih sblm nya

    BalasHapus
  14. Gan ane mau tanya ni kok kucing ane kok rontoknya banyak bisa kasih saran sama ane gak nih gan?

    BalasHapus
  15. iya, sangat penting jika kita merawat kucing kita dengan hati2
    maka bulu kucing tidak akan mudah rontok

    BalasHapus
  16. cara yang paling praktis merawat bulu kicing gimana ya

    BalasHapus
  17. kucing ku bulu nya selalu rontok tp masih tebal bulu nya .. kucing ku umur nya kira** 1thn lebih lah .kira2 kenapa ya ,n obat nya apa ya..? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan kalo kucingnya umur 1th bulunya rontok artinya lagi birahi gan.

      Hapus
  18. kucingku juga, sekrang botak dikedua sisi kepala dekat telinga, aduhhh stress banget, takut gak numbuh lagi.. :(

    BalasHapus